Home » » Membuat Toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook

Membuat Toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook


Membuat Toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook, itu thema yang kali ini ingin saya bahas.

Sebagai pelaku usaha warnet, seringkali saya mendapat pertanyaan kaya gini:
"Gimana sih caranya bikin toko onlie? Ajarin saya dong mba". "Apakah harus punya blog/ Website?".  Kebanyakan pertanyaan dilontarkan oleh para mahasiswa/wi yang lagi ngeprint skripsi di warnet victory, dan atau dari ibu-ibu rumah tangga yang kepingin punya bisnis sambilan di rumah.

Dalam sejarah Warnet Victory, hanya terjadi 2 kali kami mendapat gelombang kunjungan dari ibu-ibu dengan peningkatan grafik yang cukup signifikan (umumnya pelanggan saya adalah anak-anak penggila game online). Gelombang  pertama dulu lagi hebohnya gosip video hot Ariel Luna/ Cut Tari, yaah ternyata mereka minta didownloadin  videonya (OMG) wkwkwk... Yang kedua akhir-akhir ini. Rupanya para ibu kepincut banyaknya tulisan/ propaganda bahwa punya bisnis online itu enak kaya coca cola, bisa dikerjakan kapan aja dan dimana aja hahay.... Udah gitu ga perlu sewa ruko, toko online jualan sendiri 24 jam, order lancar,  uang mengalir deras bak sungai ciracas whaa enaaaak Naaaaan....

Baiklah kita kembali ke topik utama bagaimana Membuat Toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook. Syarat mutlak tentunya harus punya akun Facebook (ya iyalah masa ya iya dong :)). Selanjutnya kita akan bikin akun Fan page. Caranya?  Yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini:
Ahya, tutorial ini saya sajikan menggunakan Facebook yang diseting berbahasa Indonesia, secara kita orang Indonesia dan saya cinta Indonesia, merdeka!! hikikikik....:)

1. Langkah pertama silahkan Masuk ke akun Facebook anda, klik tab paling atas pojok kanan seperti gambar terlampir ini, pilih Buat Halaman

Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 1 Buat Halaman
2.   Maka dilayar monitor akan muncul gambar ini:

Pilih  Merk atau Produk sebagaimana yang saya tandai lingkaran.



Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 2 Merk atau produk
.
3.  Kemudian pilih kategori usaha Anda sesuai usaha yang anda jalani dan ketikan judul page Anda/ nama toko anda. Setelah itu klik Memulai.



Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 3 Memulai

4. Pengaturan Tentang Profil Usaha.
4. 1. Berikan deskripsi tentang halaman/ page yang sedang kita buat ini.  Tonjolkan jika ada produk unggulan sobat apa, yang tidak dimiliki oleh toko sejenis pada umumnya. Atau promo menarik.
4.2. Isi/ namai dengan nama yang unik /orang mudah mengingatnya. Sebisa mungkin jangan menggunakan spasi atau titik supaya memudahkan mesin pencari (misal google) menangkap dan menempatkan  di urutan atas hasil pencarian.
4.3. Setelah selesai klik Simpan info

Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 4 Pengaturan Tentang
5. Lanjutkan ke pengisian step 2. Foto Profil. Siapkan fotonya lalu Unggah dari KomputerTunggu sampai proses upload 100% selesai, kemudian klik Simpan Foto.
Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 6 Tambahkan ke favorit



  6. Pada Pengaturan ini, perlu klik Tambahkan ke Favorit supaya Halaman yang sudah sobat buat ini  mudah diakses kapanpun, trus klik Selanjutnya


Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 5 Pengaturan Foto Profil
7. Lanjut ke Pengaturan Pemirsa Halaman Pilihan, ini untuk menyaring  target pembeli.  Jika produk anda produk umum sebaiknya pilih LEWATI saja.  Kecuali jika produk yang anda tawarkan khusus 'dewasa' misal obat kuat (pssst...kuat makan hiqiqiqix) atau jenis kelamin tertentu (misal bulu mata/ obat hamil) hehe. Artinya ada pembatasa umur atau gender disini.

Maksudnya jika dilewati maka akan lebih banyak pengunjung tertarget yang melihat untuk (meningkatkan potensi pembeli).
Membuat toko Online Mudah Dalam 5 Menit di Fanpage Facebook
Gambar 7 Target Pemirsa
Horee sekarang sobat  udah punya Toko Online dengan menggunakan fasilitas Halaman di Facebook. Kemudian FB akan menunjukkan kepada kita tampilan Halaman yang baru saja kita buat dan menawarkan tour untuk menjelajah 4 tab antara lain: Halaman, Pesan, Pemberitahuan dan Kiriman.  Ikuti saja tournya (toh  kaga bayar ini :) supaya sobat-sobat tahu lebih dalam. termasuk saran untuk klik Suka pada toko online punya kita sendiri dan mencari like sebanyak-banyaknya. 
Udah deh tinggal lanjutkan upload foto-foto barang dagangan, sertai keterangan spec barang, harga, cara pembayaran, kontak info  dll.

Sekarang sobat dumay boleh loncat kegirangan karena sudah bisa membuat toko online mudah dalam 5 menit di fanpage facebook (haLahh..!!). Kenapa lebih baik jualan via fanpage, bukan di status FB? Nanti deh Lain waktu akan saya jelaskan secara terpisah sekarang udah ngantuk.. Semoga berguna ya...

5 comments:

  1. Informasi yang sangat hebat sekali, saking hebatnya saya sampe menyesal masuk ke blog ini, mungkin informasi ini akan cocok bagi orang yang baru belajar menggunakan facebook, di tahun 2016 ini...

    ReplyDelete
  2. KLo bikin page semua orang juga tau bro

    ReplyDelete
  3. cara membuat tokonya broo, bukan panpage nya. #deehhh

    ReplyDelete
  4. Panduan Buka Toko Online adalah sebuah panduan untuk buka toko online secara cepat.

    HEMAT WAKTU ANDA DALAM MEMBUAT TOKO ONLINE DENGAN PANDUAN SUKSES UNTUK MEMBUKA BISNIS TOKO ONLINE. SEMAKIN CEPAT TOKO ONLINE ANDA LAUNCHING, SEMAKIN CEPAT CUSTOMER MENEMUKAN ANDA DAN ANDA MERAIH KEUNTUNGAN DARINYA. http://bit.ly/2BxLv19

    ReplyDelete